Jenis-jenis Batik di Indonesia

 Assalamu’alaikum! Kali ini aku akan membahas tentang berbagai macam jenis batik yang ada di Indonesia. Setelah ngulik-ngulik ternyata sebelum ke ciri khas motif-motif batik ada pengelompokan jenis batik sesuai daerahnya atau tempat batik itu dibuat. Ternyata luas banget ya ilmu perbatikan ini, jadi yuk langsung disimak di bawah ini tentang macam-macam jenis batik.

Batik Banyumas

Sumber: kampoong.com

    Kain batik yang diproduksi oleh pengerahin batik dari Banyumas.Biasanya identik dengan motif Jonasan, yaitu motif non-geometrik dengan warna dasar kecoklatan dan hitam. Motif klasik batik banyumas diantaranya adalah Sekarsurya, Sidohulung, Kawung Jenggot, Madu Bronto, Satria Busana, dan Pring Sedapur. Dengan adanya perkembangan zaman motif batik banyumas berkembang dan memiliki motif batik dengan gaya baru.

Batik Belanda

Sumber: museumbatikpekalongan.info

    Kain batik ini diproduksi oleh orang-orang belanda yang tinggal di Indonesia pada era abad ke-19. Kebanyakan berbentuk sarung dengan ciri khas motif buketan (rangkaian bunga). Pengusaha Batik Belanda yang terkenal diantaranya Coenraad bersaudara dengan merk Batik Pacitan, Lien Metzelaar dengan merk Batik Metz, dan Eliza Charlotte van Zuylen dengan merk Batik Banselen (Van Zulyen)

Batik Ciamisan

Sumber: diciamis.com

    Batik bergaya khas kota Ciamis memiliki motif flora dan fauna. Batik ini dipegaruhi gaya batik Cirebon, Iindramayu, Solo, Yogyakarta, bahkan batik China. Ciri kas warna batik Ciamis adalah berlatar warna putih atau krem tanpa adanya corak pengisi pada ragam hias batik (isen-isen)

Batik Cigugur

Sumber: gpwisataindonesia.info

    Merupakan batik yang berasal dari daerah Cigugur, Kuningan, Jawa Barat. Ide ragam hiasnya terinspirasi dari seni ukir dan relief yang terdapat di Gedung Paseban yang bersejarah, serta dari akar tradisi masyarakat Cigugur sehingga dikenal juga dengan nama Batik Paseban.

Batik Lasem

Sumber: gpwisataindonesia.info

    Kain batik ini berasal dari daerah Lasem, Jawa Tengah. Memiliki ciri khas warna merah yang disebut abang getik pithik (merah darah ayam) yang konon tidak dapat ditiru oleh daerah lain. Seperti motif batik pesisir lainnya, motif ini dipengaruhi kebudayaan luar seperti China, Arab, dan India, selain itu dipengaruhi juga oleh batik Solo dan Yogyakarta.

Gimana guys udah semakin bertambah kan wawasannya? Semoga bermanfaat, untuk yang mau melampirkan pembahasan dari laman ini mohon disertakan sumber ya

Wasalamu’alaikum!

Sumber:

Kamus Mode Indonesia (Irma Hardisurya, Ninuk Mardiana Pambudy, Herman Jusuf)

Comments

Popular posts from this blog

Tomodachi! Bersahabat di Dunia, bertetangga di Surga...

High School Project: Rewind

BAPER ?