Dear Mahasiswa (Baru) 1 #LinistoryKampus

    Assalamu'alaikum! Setelah membuat tulisan tentang perjalanan di SMA, aku memutuskan untuk menulis juga pengalaman dibangku kuliah dan masih dengan alasan yang sama "Agar ada catatan sejarahnya". Jadi akhir-akhir ini aku merasakan sesuatu, seperti baru menyadari kalau proses itu sangat berarti dan menyadari kalau diri ini terbentuk dari segala macam riuh pikuk masa lalu yang akan memberi bekas. Begitu juga tentang perjalanan 3,5 tahun di kampus ini. Oh my, kalau nulis gini kerasa semakin menua. Back to the topic, jadi di sini aku mau nulis beberapa hal yang (aku sarankan banget) untuk kamu lakukan di dunia kampus, untuk maba alias mahasiswa baru ataupun untuk kamu yang masih berproses ditingkat-tingkat selanjutnya (padahal aku masih terhitung berproses juga nih wkwk). Hal-hal tersebut adalah:

Membuat Rencara Hidup

    Setiap orang rasanya pasti punya tujuan dalam hidupnya. Untuk mencapai target tersebut ada yang membuat resolusi tahunan, bulanan, atau bahkan harian.Siapa disini yang pernah buat resolusi tahunan tapi pas mau ganti taun masih ada yang belum tercapai? Akuu... Nah ko bisa sih udah buat rencana tapi gak terealisaskan juga? Bahkan bertahun-tahun punya resolusi yang sama tapi sampai saat ini belum terwujud juga, duh. Mari kita renungi masing-masing :(

Sumber: blog.e-mas.com

Awalnya akupun kecewa dengan sistem ini, eh mestinya kecewanya ke diri ya yang belum bisa maksimalin ikhtiar untuk sampai ke target-target itu. Ada beberapa alasan kenapa kita bisa belum goals juga diantaranya adalah:

  1. Diri yang gak serius dengan harapan tersebut, maksudnya hanya ditulis karena ikut-ikutan aja
  2. Kurangnya fokus saat memperjuangan mimpi tersebut, berefek ke "nanti dulu deh" atau "nanti lagi deh"
  3. Mudah kecewa pada proses, padahal untuk menuju sebuah target pasti banyak rintangan seperti lagi main outbond
  4. Cepat puas dengan proses. Bedakan cepat puas dengan mudah bersyukur ya. Kalau cepat puas itu belum sampai target udah bilang "Segini aja cukup deh, gak sanggup lagi" atau "Aku gak mungkin sampai situ" padahal ternyata diri sanggup melampaui batas itu, kan sayang :(

    Jadi selanjutnya mari move on dari kekecewaan pada makhluk alias diri. Aku mulai (semakin) menyadari mimpi dan ikhtiar itu perlu terkonsep ketika mendengar di banyak seminar, sharing, postingan, dan momen ngobrol santai bahwa manusia-manusia pemegang status Mahasiswa Berprestasi, Aktivis kampus, dan sebutan lainnya adalah manusia-manusia yang punya konsep dalam mewujudkan impiannya. Berbeda-beda sih, tapi konsep manajemen waktu pasti mereka jalani. Ada yang pakai scedhule board, schedule note, schedule app, dan perschedule-an lainnya. Mereka juga menkonsep apa yang akan dilakukan dalam aktivitas harian, mingguan, bulana, tahunan, bahkan menuliskan target 5 sampai 10 tahun ke depan. Kata salah satu dari seseorang yang sharing, cara membuat targetan adalah dari yang terutama dulu, misal: 

Resolusi 5 tahun: Lulus S3 Public Healt di Harvard, bekerja di WHO, dan menjadi mentri kesehatan di indonesia
Resolusi 1 tahun: Menyelesaikan S1 Kedokteran, membaca minimal 24 buku dan 36 jurnal internasional
Resolusi bulanan: Bulan ini mengajukan Proposal Skripsi, membaca 2 buku dan 3 jurnal internasional 
Resolusi harian: ...

    Pasti gak sedikit dari kalian target utamanya masuk surga. Maka dari itu buatlah resolusi yang akan menunjang impian terbesar kita dengan cara menimba ilmu dengan baik, membagikan ilmu kita dengan orang lain lewat cara yang baik, berhubungan yang baik dengan orang lain, intinya membuat diri bermanfaat dengan kehadirannya untuk orang lain (tapi niat dan minta pertolongannya tetap untuk Sang Maha Pemilik). Lakukan segala perbuatan semata-mata untuk mencari ridha Allah.  

    Jadi setelah baca ini yuk mulai buat resolusi atau targetan atau tuntutan. Niatkanlah bukan untuk menjadi beban tapi untuk membuat diri menjadi versi yang lebih baik dari hari ini, semoga, aamiin. 

    Sekian untuk #LinistoryKampus kali ini, semoga lanjutannya bisa dilahirkan segera yaa. Terima kasih sudah membaca dan semoga bermanfaat. See you...

Wasalamu'alaikum!

Comments

Popular posts from this blog

Tomodachi! Bersahabat di Dunia, bertetangga di Surga...

High School Project: Rewind

BAPER ?