High School Project : First



Assalamu'alaikum !

   Masa Sekolah Menengah Atas aku bentar lagi selesai. "Sedikit" baper dan mulai sedih sih ngebayangin hari-hari tanpa mereka *lebay* T_T Terinspirasi dari kata-kata ibu Sri "Sejarah" (gak tau nama lengkapnya) yang menyarankan muridnya untuk mengabadikan kisah hidup di dalam tulisan karena suatu saat hal itu bisa jadi sejarah yang dirindukan so aku milih nulis di blog karena sepertinya tangan aku gak sanggup untuk nyeritain semua kisah yang terekam di otak aku soal mereka yang aku kenal selama 3 tahun ini dalam sebuah tulisan, sebenernya nulis (ngetik sih) di blog juga gaakan kuat si, males ditambah banyak hal-hal yang cukup aku dan mereka yang tau *baper*



Dan inilah sepermilinano sejarah hidup aku ...




   Alasan lain aku pingin cerita sih karena pengalaman pas SMP. Sekarang aja aku gak inget sebagian orang yang pernah sekelas sama aku di SMP. Temen aku pernah nanyain tentang seorang lelaki bernama *teet* yang pernah sekelas sama kita pas kelas IX dan aku gak inget sama sekali, akhirnya inget sih tapi burem ingetannya ^^ Terus kadang di SMA aja masih suka mikir ke orang yang dulunya pernah satu kelas "Emang dulu sekelas ya ? Ko sekarang kaya orang gak kenal ? Pernah sekelas gak sih ? Oh iya pernah." dan itu perasaan gak ke satu orang, tapi agak banyak. Masa-masa "gak kenal" setelah "kenal" ini yang sebenernya agak menyakitkan ketika kita udah gak dipertemukan di satu tempat yang sama, padahal pernah jadi bagian dari masa lalu masing-masing *baper* Tapi seriusan, perasaan ini gak enak. Makannya komunikasi itu penting walau nanti kalau udah pada berjauhan cuma bisa chat doang :(

   Dengan semua alasan di atas, aku pingin cerita soal mereka...

   Aku udah agak lupa, sebenernya beneran lupa dulu pertama kali masuk SMA itu tanggal berapa, ingetnya tanggal 11 Juli 2011 itu tanggal pertama kali masuk sebagai siswa SMP resmi dengan baju seragam putih biru . Balik lagi ke SMA. Yang aku inget di SMA itu pas lagi daftar ulang di SMA. Soalnya kelas yang dipake aku pas daftar ulang itu ternyata jadi kelas aku pas kelas X semester 2. Terus yang paling inget itu ya soal Masa Orientasi Siswa yang namanya diganti atas perintah Menteri Pendidikan saat itu yaitu Anies Baswedan menjadi Program Pengenalan Lingkungan Sekolah (PPLS). Aku bersyukur banget PPLS pas lagi puasa, bising aja Akang Teteh OSISnya jadi baraik karena lagi puasa. Juga ditambah gak perlu bawa makanan-minuman dan "cuma" barang-barang.

   Beberapa hari sebelum PPLS ada pemilihan korum gitu. Calonnya agak banyak tapi yang aku inget itu Humaira karena dia satu SMP, terus seorang anak laki-laki alumni Husnul Khotimah yang aku lupa namanya (cuma inget orangnya, bukan namanya), dan Ahmad karena dia adik kelas aku yang lulusnya kecepetan. Akhirnya yang terpilih itu adalah Raden Ahmad Rosyidin, aku lupa milih siapa tapi gak papalah dia yang kepilih karena udah kenal jadi kalau mau nanya-nanya gak canggung. Hal yang paling aku inget pas orasi pemilihan korum itu, ada salah satu calon korum yang bilang :
"Anggep aja saya seperti tong sampah."
 Maksudnya sih jadi kalau ada unek-unek atau saran tumpahin ke dia langsung, tapi kedenger lucu aja kata-katanya walau sebenernya dalem maknanya *eaa*

 H-1 PPLS aku kumpul gitu sama anak ruangan aku (lupa ruang berapa) Alhamdulillah sebagian temen SMP dan ada temen SD juga, jadi gak harus kenalan lagi. Kita kumpul buat nyamain barang dan buat yel-yel sama slogan gitu. Aku inget aku itu masuk ke ruangan Kapten Pierre A. Tendean dan slogan kami itu "Just do it." copas dari nike ^^ Btw, slogan ruangan aku tuh yang paling "bener" kata akang teteh OSIS karena yang lain araneh dan ada yang ngambil slogan obat herbal yang beken pada saat itu (?)

Kata Akang Teteh OSIS ini nyawa yang harus aku
 jaga baik-baik (selama PPLS) :3

   Karena lagi puasa, jadi setelah sahur dan solat subuh aku berangkat bareng Puput, Ratih, dan Monica karena kita satu komplek. Sayangnya jalan depan sekolah aku itu bukan jalur angkot, jadi harus jalan sekitar 60 meteran lah (seriusan ini ngasal) dan itu sambil ngincig alias jalan cepet tapi kenyataannya aku dan yang lain agak lari, pas ketemu akang/teteh osis baru ngincig. Terus kita di barisin dulu dan kalau udah rapih baru masuk ke lapangan. Aku masih inget pagi-pagi pas PPLS masih keliatan bulan yang masih terang dan itu masih dingin. Suara-suara Akang Teteh OSIS "Ngincig dek !" atau "Ayo buruan !" membuat suasana makin mencekam ! Horor suaranya. Jeng...jeng...jeng.... hari pertama PPLS yang harus "cuma" bawa barang-barang itu menjadi sangat hebat karena pada beda barangnya.

   Ruangan aku itu diurus sama Teh Widi dan Kang Ato juga seorang teteh yang sampe hari terakhir PPLS gak sekolah. Kalau di ruang kelas, pada baik akang tetehnya. Tapi kalau di terpusat hemmmm. Hal yang aku inget itu pas lagi dikenalin lagu Hymne dan Mars SMANDA yang nyanyinya itu ketua KB.Matek angkatan 14-15 yang nantinya aku kenal yaitu Kang Roni. Dan ingatan yang AKAN SELALU DIINGAT pas PPSL adalah kejadian-kejadian di ruangan TERPUSAT alias EVALUASI. Psikis aku alhamdulillah gak terganggu pas evaluasi, padahal yang lain ada yang sampe nangis dan keluar (untuk menenangkan diri) dari ruangan terpusat. Keberuntungan angkatan aku tuh 'katanya' karena OSISnya pada ketjeh ! Jadi dimarahin pun rela *ewwhh* Tapi pas hari terakhir PPLS bagian salam-salaman Akang Teteh nya pada menebarkan senyum terbaik yang bikin adik kelas langsung pada ngomong (terutama cewek) "Subhanallah ih akang itu !" seketika para Akang 'Titan' itu punya banyak fans ^^ Udahan aja PPLS dengan bahagia. Sebenernya aku lupa siapa aja yang seruangan bahkan yang duduk bareng sama aku pas PPLS :( Tapi pokoknya bahagia aja !

   Hari selanjutnya setelah PPLS itu pengenalan pramuka. Dan bantaranya disini terlihat baik (aslinya emang pada baik ko ^^) maksudnya beda sama nanti pas pramuka benerannya. Juga ketemu lagi sama salah satu Akang 'Titan' yang kemarin baru aja dapet banyak fans. Hari itu yang aku inget semuanya seru-seruan ditambah panas-panasan ditambah malu-maluin karena diliatin kakak-kelas yang berdiri depan kelas mengintari 3/4  lapangan karena yang 1/4nya tembok, bukan kelas.

  Hari pertama sekolah dengan seragam SMA tanpa dua pita cokelat di kerudung itu pernah aku ceritain di ask.fm karena itu 'bermakna'. Aku merasa beruntung gitu punya kenangan memalukan yang bisa diinget tapi sedih juga sih karena itu kenangan memalukan (?) Aku siap banget berangkat sekolah pake segala yang BARU ! *sombong dikit* Dan mungkin karena kesombongan aku terjadilah kejadian-kejadian mengerikan itu. Di bawah 2 tangga yang bersatu aku berdiri bareng temen-temen buat cari kelas, eh pas mau jalan ternyata kesandung tiang net poli dan buat kerudung, rok, baju kotor karena kemarinnya abis ujan. Dikit sih kotornya tapi pas jatoh kan di sekitar aku ada orang jadi malu ! Terus nemu aja kelas X MIA 1 dan duduk dengan rapih (karena aku pingin dapet kesan pertama yang bagus dari yang lain ^^) tapi ternyata botol minum aku tumpah SEMUANYA ngebasahin ubin. Dan malu (lagi). Ternyata kelasnya dipindahin ke sebrang. Aku lupa apa yang aku lakuin sama tumpahan air itu, gatau dipel gatau dibiarin. Pas hari pertama itu kan salam-salaman sama guru dan kakak kelas karena baru selesai puasa. Terus ada guru yang nanyain kenapa kerudung aku kotor, malu (lagi). Pas guru sih malu salamannya karena takut ditanyain. Pas bagian kakak kelas gaperduli lah, pada gakenal ini. Btw salah satu motto aku kalau lagi terlihat berantakkan adalah "Gaakan ada yang merhatiin ini." dan mungkin motto hidup aku yang satu ini berawal dari hari itu.

   Semua yang pertama itu emang bermakna. Aku udah diceritain sama para 'Kakak' aku tentang guru-guru yang harus diwaspadai di SMA. Dan ternyata hari pertama salah satu dari guru yang mereka sebut masuk ke kelas aku, beliau adalah Pak Us (cukup kami yang tau) dengan jalan ngincignya yang khas beliau bawa beberapa lembar kertas ke kelas aku terus ngegabungin kelas X MIPA 1-3 untuk ngasih pengumuman. Kalau gak salah pengumumannya tentang cara belaja bapak dan kkm gitu. Jujur, hari itu aku deg-degan. Dan di hari-hari selanjutnya kalau lagi belajar deg-degan itu berlanjut. Terus setiap lagi ulangan Fisika tangan dan kaki aku berubah dingin. Bukan karena takut, karena si bapak keitung baik ke cewek mah, cuma segen :( Tapi akhir-akhir kelas X bapak jadi baik ke semuanya. Walau suka ngomong pakai bahasa sunda kasar tapi perkataannya gak kasar, justru nasehat yang motivasi anak didiknya. Kadang temanya curahan hati bapak atas kekecewaannya terhadap isu politik, atau kekecewaannya terhadap iklan systema nano karena satuan nano yang mereka pakai, juga kekecewaan bapak soal satuan mg alias mili gram yang disingkat disatuan bahan dalam minuman atau makanan saset karena mg itu singkatan magnesium di unsur periodik. Setelah merasakan semua guru Fisika di SMA, ternyata bapak satu ini yang paling ngangenin ngajarnya, walau nilai paling jelek sepanjang masa aku itu ada diulangannya Pak Us ini  ^^
"Mun rek kawin enggke mas kawinna ulah menta Emas, mentana Uranium. Saeutik ge mahal hargana !" - Pak Us (salah satu nasihatnya, kurang lebih begitu) 
yang artinya ... 
"Kalau nanti menikah mas kawinnya jangan minta emas, mintanya uranium. Sedikit juga mahal harganya !"  
    Selain guru Fisika yang disebutkan di atas ada juga guru-guru lain yang berkesan. Ada guru sejarah yang kalau ngomongin sejarah itu nyorocos ngolotok, karena kalau ngajar gak bawa buku, namanya Bu Nina, sebelum aku masuk SMANDA aku gak tau kalau beliau ini guru di sana, padahal beliau udah jadi tetangga aku selama lebih dari 10 tahun ! Dan karena tetangga, nama aku sering kesebut :( rasanya nama sering kesebut guru tuh .... menyedihkan kalau kita gak bisa jawab pertanyaannya T_T Ada juga guru PpKN sekaligus wali kelas kesayangan karena baik, namanya Bu Sri 'PpKn'. Beliau juga tetangga aku, dan sama kaya ke Bu Nina, aku gak tau dia guru SMANDA. Dulu aku tau beliau sebagai Bu Heri (nama suaminya). Beliau baik karena pernah waktu pas pulang Umrah bawa air zamzam+kurma+coklat yang kaya batu itu loh+dll untuk seluruh anak kelas X MIA 1 ! Dan kalau ngajar senyum terus. Ada guru Matematika yang kata aku sih Hits, namanya Bu Sri 'Matematika' Beliau aku sebut hits karena anak kelas aku pada ngomongin soal kemajuan teknologi yang beliau punya yaitu hp, Bu Sri 'Matematika' ini HPnya iphone dan karena pada masa itu anak kelas aku gak ada yang punya iphone jadi kesannya keren gitu yang punya. Juga Bu ini tuh punya banyak bisnis kaya showroom alat elektronik gitu dan toserba. Btw, laptop yang sekarang aku pake buat nulis di blog ini beli di showroom-nya Bu Sri 'Matematika' loh (bukan promosi) ^^ Keren gitu, udah jadi pegawai negeri punya usaha pula. Sebenernya semua guru punya kesan masing-masing sih. Tapi karena terlalu banyak jadi gak akan aku ceritain semuanya.

Lagi Penelitian Geografi ke Cibulan

   Di kelas X ini aku ditakdirkan sekelas dengan Tita untuk ke 9 tahun ! Juga aku dipertemukan dengan orang-orang baru. Alhamdulillah juga banyak yang kenal sih karena satu SMP. Setelah kenalan dengan anak-anak lain aku menyadari bahwa Kuningan itu luas. Mulai dari anak pesantren sampe pelosok ada dalem satu kelas. Dulu sih pas SMP suka denger-denger gitu anak SMP *teet* mah begini, atau SMP *tuut* mah begitu. Seharusnya untuk berkomentar tentang seseorang kita wajib kenal dulu tentang orang itu. Jangan mencap sebagian anak berkelakuan buruk terus satu sekolah dicap buruk. Tapi sebagai manusia aku menyadari bahwa manusia itu kadang khilaf :( Setelah pada kenal sih baik-baik aja. Mereka pada baik dan supel, jadi lebih gampang kenal.

   Ada Jujun yang tertua, Rivan tersetia, Risma sang ratu matematika, Halim yang katanya mirip Sehun, Faisal yang acuk tak acuh, Kur The Ian (Kurdian) yang dulunya dari pelosok (?), Anjar yang murah senyum, Gilang yang terlihat b-boy, Rama yang setia menunggu, Unun yang badag, Ihya yang suka cemberut, Meisya yang khas banget suaranya, Lina yang ketawanya horor, Desy yang "udah bukan punyanya dia", Nada sang Ratu Nada, Icha yang suka melow, Derina yang bersuara chipmunks, Iyan yang susah banget senyum, Agis yang (dulu) galau aja, Erika si bongsor, Puput si galau juga, Tita si peniru handal, Ara si rame, Astri yang selalu menunggu, Rima sang anak Darma, Fenty si pecinta Akang Ketje, Maudy yang pinter kimia, Asty yang jatuh cinta sama kamera (?), Dyah si mungil bermulut besar (baca: cerewet), Viyata yang cempreng, Ina sang anak pesantren hitz, Pebi si murah senyum, Siska yang matanya gede banget, Brando yang aku inget itu Ika (?), Indah yang kalo ketawa matanya nutup satu.
 
   Awalnya satu kelas itu cuek-cuekan dan tiba-tiba deket, berawal dari ulang taun Jujun yang dirayain dengan oreo cake yang beli di kopsis pas pulang sekolah jadi mulai poto bareng. Terus makin 'agak' kompak pas ada tugas buat drama, tapi sebenernya yang kelas aku buat lebih cocok disebut film karena latarnya pindah-pindah. Ceritanya itu tentang seorang anak laki-laki yang sering dibuli karena *lupa*, efek dia dibuli tuh dia jadi pingin bales dendam sama orang-orang yang pernah buli dia, jadilah dia menculik orang-orang yang pernah membuli dia. Disekap di sebuah gudang dan disiksa sampe berdarah-darah. Tapi untungnya keburu ketangkep polisi pelakunya. Makna dari drama ini adalah bahwa kita jangan seenaknya menilai orang, karena kita bisa saja melukai hatinya.


PELAKU PEMBULIAN

  Kelas X tuh agak kaget ya, ternyata dunia SMA itu banyak tugas. Mulai dari buat drama, ngerjain tiket untuk ulangan, sampe buat penelitian ilmiah. Yang aku suka sih praktek biologi dan kimia karena jadi berasa keren gitu ^^ Bio dulu ada praktek bedah hewan untuk mempelajari organ dalamnya, tapi aku takut banget nusukin piso ke hewannya jadi cuma Viyata seorang di kelompok aku yang megang piso. Terus di kelompok lain ada Asty yang bawa pisau bedah operasi punya ayahnya yang dokter, makin serem. Jadi aku cuma tugas poto-poto aja. Kalau kimia aku sukaaa tapi gak pernah mau kebagian nyatet karena nantinya harus ngitung. Kerennya itu karena kita bisa rubah-rubah warna cairan kaya pas proses titrasi, bisa buat perak, bisa tes kandungan makanan, dan cek urin gratis.

   Banyak banget hal yang pantes untuk dirindukan di kelas X ini. Tapi untuk sekarang cukup dulu, udah malem. Pokoknya Aku sayang kalian yang sayang aku karena Allah ! *peluk ke mahram* Untuk bagian "First" udah dulu yaaa. Wasalamu'alaikum ^^


"Jika seseorang itu sayang kepada sahabatnya, maka hendaklah dia beritahu bahwa dia menyayanginya." (HR. Abu Daud)






Comments

Raden Annisa said…
Insya Allah ntar kalau HSPnya tentang Para Petarung Hayam ^^

Popular posts from this blog

Tomodachi! Bersahabat di Dunia, bertetangga di Surga...

BAPER ?

High School Project: Rewind