Kalau Ramadhan bisa bicara...

Assalamu'alaikum ! Sebelumnya, mau mengucapkan Turut berduka cita karena Ramadhan telah meninggalkan kita. Tapi semoga berbahagia dengan datangnya Syawal ! Happy Eid Mubarak. Taqabalallahu minna wa minkum, aamiin. Semoga amalan kita diterima Allah dan segala dosa kita diampuni Allah, aamiin.

puasa terus kuy :3


   Tadinya mau bikin entri tentang hal lain, tapi Allah kasih hidayah seketika diingetin sama komik yang pernah aku buat setahun lalu. Dulu aku pernah bikin KIS alias Komik Islam Smanda buat mading masjid sekolah, tapi karena bulan Syawal waktu itu sibuk dan anak-anak yang seharusnya ngurusin mading sibuk juga, jadi the real KIS edisi 2 ini GAGAL TERBIT. Dan kalau gak salah edisi 2 yang jadi terbit itu pas komik aku first time kolaborasi chara-nya sama seseorang. Mungkin ini waktu terbaik materi dari komik ini aku tulis kali yaaa, makannya tiba-tiba pas ngetik langsung keinget dan lari ke kamar, nyari sketchbook A3 terus dibawa ke tempat duduk aku sekarang.

   Gak pas kuliah subuh, gak pas tarawih terakhir. Materi ceramah dari ustadnya selalu mengingatkan bahwa "Semoga kita tetap Istiqomah menjalankan ibadah, bukan hanya saat Ramadhan saja." Kata-kata ini sebenernya pukulan keras loh ! Gak sedikit orang yang bilang "Ih jangan bohong, lagi puasa." Jadi kalau gak puasa boleh bohong gitu ? Tau gak rasanya dibohongin ? Sakit. Apalagi soal perasaan *duh* Terus, apa Allah cuma ada pas puasa aja ? Apa harus menghindari perbuatan buruk kalau Ramadhan saja ?

   Paman atau Uwa atau aku gak tau harus nyebutnya apa di blog ini, karena 2 panggilan yang barusan aku sebutin arti di kkbi-nya beda sama yang aku maksudkan. Pokonya kakak laki-laki bapak setelah tarawih terakhir bilang "Kita ini hambanya Allah. Bukan hambanya Ramadhan." dalem banget maknanya. Jangan beribadah hanya karena Ramadhan saja, lantas lupa hakikatnya beribadah untuk apa dan untuk siapa. Allah itu selalu ada kapanpun dimanapun, bahkan yang paling dekat dengan kita.

   Materi ini diambil dari kultum subuh masjid Al-Furqan, tapi aku lupa ustad yang nyampeinnya siapa karena udah setahun lalu.

Kalau Ramadhan bisa bicara

Aslinya berwarna, hasil scannannya ancur karena di scannya 
pas masih setengah kerja -_-" Ada yang typo lagi. Yang penting kebaca intinya ^^


1. Jangan Lupakan aku ...
  Ramadhan itu dapat disebut sebagai bulan latihan, bulan dimana kita dapat benar-benar melatih diri kita menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya. Kalau Ramadhan bulan latihan, ujiannya kapan ? Ya selama 11 bulan lainnya. Pelan tapi pasti sedikit demi sedikit kita harus bisa makin mendekatkan diri dengan Allah swt, bukan malah justru menjauh, naudzubillah.
   Kita masih dapat merasakan Ramadhan di puasa-puasa sunnah sepanjang tahun. Ada 6 hari puasa di bulan Syawal, puasa daud, puasa senin-kamis, puasa ayyamul bidh (pertengahan bulan).

2. Jaga Tilawah dan Muroja'ah
   Ini termasuk yang banyak dilalaikan. Pas puasa sanggup sehari dapat satu juz, pas puasa berakhir satu ayat saja sulitnya minta ampun. Muroja'ah gak pernah dilakukan, hafalanpun hilang.

3. Jangan Pernah Tinggalkan Solat Fardu
   Solat itu memang sudah kewajiban dan tiang agama. Hal pertama yang Allah swt nilai saat hisab. Istiqomahkan fardunya, lalu tambah sunnahnya.

4. Tetap Kerjakan Amalan Baik
   Seperti tetap bersabar apabila mendapati cobaan, infaq, sodaqoh, selalu dalam keadaan berwudu, berpikiran positif, membantu orang tua, dan mengerjakan amalan baik lainnya.

***
   Intinya setelah Ramadhan berakhir ini, kita harus dapat mempertahankan amalan baik yang kita lakukan saat ramadhan. That's called ISTIQOMAH. Dan untuk mempertahankannya itu suliiiiittttt banget. Udah dulu yaaa, ini udah malem pake banget untuk waktu tidur aku.

Taqabalallahu minna wa minkum shiyaamanaa wa shiyaamakum 
Semoga kita masih bisa bertemu Ramadhan 1438, aamiin.
Stay Istiqomah, Until Husnul Khotimah.

wallahu a'lam bishawab
Pengingat untuk aku, lalu kamu.
Wassalamu'alaikum !

Comments

Popular posts from this blog

Tomodachi! Bersahabat di Dunia, bertetangga di Surga...

BAPER ?

High School Project: Rewind