Untuk kamu yang masih SMA

Assalamu'alaikum!

   Sebagai seseorang yang pernah ngerasain bangku SMA khususnya kelas XII, aku mau cerita dan kasih sedikit tips untuk kalian. Dulu pas aku masih jadi dede emesh di sekolah alias masih jadi adik kelas, Alhamdulillah aku dikasih tau tentang pengalaman dan tips dari para kakak kelas mulai dari pelajarannya gimana, tipe gurunya gimana, cara menghadapi gurunya gimana, dan cerita lainnya mulai dari yang penting sampe gak penting kaya cerita horor di sekolah. Pas ngejalaninnya jadi ngerasa 'oh gini tuh yang kata mereka tuh'  ada yang serem, nyebelin, seru, dan lucu. Kelas XII itu adalah tanda kalau kamu punya waktu kurang dari satu tahun lagi untuk jadi versi terbaik diri kamu di SMA. So, jangan lupa belajarnya mulai sekarang pake otak tambah hati karena baper sebentar lagi bakal lulus ya. SMA juga bakal jadi sekolah terakhir tempat kamu upacara setiap senin sebagai siswa, makannya jangan ribut aja pas upacara dan jangan lupa sarapan dulu ya!


  Sebenernya kelas 12 tuh gak seserem atau sestres yang orang-orang ceritain ko. Tepatnya sih tergantung cara kamu menghadapi dan menjalankannya. Kalau kamu tipikal orang yang santai sampe saking santainya lupa kalau besok udah UN aja, berarti kamu bakal ngerasa nyesel pas mau masuk perguruan tinggi. Inget ya PENYESALAN ITU SELALU ADA DI AKHIR. Jadi kamu harus sadar kalau waktu belajar kamu udah gak lama. Misalnya kamu mau pindah jurusan nanti pas kuliah, ya satu tahun terakhir ini kamu harus belajar buat UN, USBN, Ujian sekolah bersamaan sama materi SBM yang sangat bersebrangan, Semangat! Terus untuk yang gak nyebrang bukan berarti kamu aman. Soal SBM tuh susah banget (menurut aku) jadi harus banyak belajar dan latihan soal. Nah karena itu aku mau kasih sedikit tips aja biar kalian ngejalanin kelas XIInya gak bingung-bingung amat ^^



1. Kamu HARUS tau apa yang KAMU MAU!


   Orang terbaik yang paling tau hal yang kamu mau adalah DIRI KAMU SENDIRI. Ya walau kemauan orang tua juga perlu jadi bahan pertimbangan sih, aku percaya kalau restu orang tua itu adalah restu Allah selama itu baik. Bagusnya hal pertama yang kamu pikirkan saat mau masuk SMA adalah "Mau jadi apa aku nanti?" karena masa SMA itu cuma salah satu batu loncatan dari kesuksesan yang kamu harapkan. Jadi mulai pikirkan apa yang mau kamu capai nanti saat SMA ataupun saat udah lulus dari SMA. Misalnya pas SMA kamu pingin mulai buka usaha kecil-kecilan kaya jual sesuatu gitu di sekolah. Temen aku juga banyak loh yang jualan termasuk aku juga dan itu cukup bahkan sangat menguntungkan untuk nambah uang jajan ^^ Siapa tau dari usaha kecil-kecilan gini setelah lulus SMA kamu udah punya usaha besar aja. Atau yang mau kamu capai itu prestasi yang waw kaya ngoleksi piagam prestasi biar nantinya lebih mudah untuk ngelanjutin sekolah keperguruan tinggi bisa juga. Tapi bagi aku yang prestasinya aja Subhanallah Alhamdulillah lah segitu juga, piagam itu gak (selalu) menjamin sih, tanpa piagam pun kalau kamu mau berusaha pasti kamu bisa capai apa yang kamu mau.


   Nah ketika kamu udah tau apa yang kamu mau capai sebaiknya kamu lanjutin nih sama pertanyaan ke-2! "Jadi sekarang aku harus apa?"

   Dulu pas aku masuk SMA aku melupakan pertanyaan ke-2. Dari TK, dari kecil, sekecil kecilnya aku, aku punya cita-cita pingin jadi guru, mungkin karena kebanyakan keluarga aku kerjanya di bidang pendidikan, mulai dari dosen, kepala sekolah, dan yang pasti guru. Pas SMP sampe ngebayangin nantinya kalau aku lulus di PGPAUD kaya Ua aku, aku bakal buka kober. Soalnya Ua aku sempet buka kober di garasi rumahnya dan itu cute banget. Kalau aku main kesana banyak mainan, kursi-kursi warna-warni mini, dan tempelan-tempelan di dinding. Tapi semejak masuk SMA aku mulai pingin jadi seniman! Tapi tanpa pikir panjang aku malah masuk IPA, padahal kalau di telaah dari banyaknya cita-cita aku 80%nya itu masuk jurusan IPS.

   Jangan tanya kenapa aku masuk IPA! Karena rada-rada lupa juga, bahkan gak tau. Dulu aku berpikiran sangat pendek, saat dapet nilai psikotes masuknya ke IPA jadi ngambil IPA, gitu kali sejarahnya. Aku mungkin masuk IPA karena kalau suatu hari cita-cita aku berubah, aku lebih bebas milih jurusan untuk masuk ke perguruan tinggi. Kalau dipikir-pikir dulu aku ke PeDean banget. Gak mikirin akibatnya entar apa. Setelah kelas 12 ini ngerasain sedikit banyak pelajaran IPS aku mengakui bahwa itu susah, apalagi Ekonomi, aku gak ngerti, banget, gak banget juga sih, pokonya gak ngerti, udah gak tau lagi harus nanya ke siapa kalau gak ngerti :( Dan kalau kalian coba memahami dua-duanya (mapel IPA dan IPS) sebenernya sosio itu mirip-mirip sama biologi dan kimia. Bukan teorinya, tapi pemahamannya gak beda jauh. Ilmu itu beriringan dan menyokong satu sama lain. Kaya di sosiologi di jelasin kalau adanya mahluk hidup itu salah satu tujuannya adalah berkembang biak dan biologi ngejelasin tentang berkembang biaknya mulai dari hormon sampe soal tumbuh dan berkembangnya.

   Semua ilmu tuh susah kalau kita belum paham. Jadi kita gak boleh menilai sesuatu sebelum kita ngerasain sih, Tapi sampe aku mutusin kalau nanti masuk perguruan tinggi gak akan jurusan IPA aku sama sekali TIDAK MENYESAL selama 3 tahun ngerasain jadi anak ipa dan disebut salah jurusan karena aku gak ngerasa salah jurusan. Jadi tahun terakhir SMA aku untuk pertama kalinya sangat menikmati belajar fisika dan kimia (di bandingkan 2 tahun sebelumnya) jadi lebih rajin nulis gitu deh, sama buka-buka vidio belajar online. Dan aku sangat ngotot pas USBN kalau saat itu adalah saat terakhir aku ketemu kimia dan fisika di ujian! Soalnya di kehidupan sehari-hari pasti aku ketemu kimia sama fisika sih, tetep gak bisa lepas karena ketika aku berenang berarti aku lagi mempraktekan fisika karena ada hukum archimides dan tekanan yang menyebabkan kita mengambang, terus ketika kita ngisi bensin itu juga realisasi dari kimia karena bensin itu merupakan ikatan kimia yang bisa di utak atik.

So, kamu udah tau kan kamu harus apa?

2. Mulai hari ini HARUS HIDUP SEHAT!

   Otak sehat itu ada di tubuh yang sehat. Aku pribadi sih pas kelas XII memulai untuk menjalani 'sedikit' hidup sehat dibanding sebelumnya karena kalau otaknya dan tubuhnya sehat kita bisa belajar lebih maksimal. Seperti:
  1. Mulai sekarang usahakan kurangi makanan-makanan berpenyedap (walau itu enak) ya karena kalau kebanyakan bisa menyebabkan berkurangnya kecerdasan otak.
  2. Jauhi barang-barang berbahan timbal. Kata kakaknya temen aku, di kutek alias cat kuku yang harganya 5000an yang suka dijual di toko-toko "pink" itu mengandung timbal loh. Dan timbal itu salah satu penyebab menurunnya kinerja otak! Karena kutek yang bagus mahal, mending gak usah pake kutek (biar gak susah solat juga) ^^
  3. Banyak minum coz air minum itu membawa oksigen untuk tubuh kamu. Kalau haus ya minum. Pokonya jangan sampai dehidrasi karena nantinya otak bakal kekurangan oksigen dan kamu belajarnya bakal gak maksimal. Ciri otak kamu kekurangan oksigen adalah ketika kamu heuay alias menguap. Jadi kalau udah gitu minum aja ya.
  4. TIDUR CUKUP! Nih yang suka dilanggar banyak orang sampai menyebabkan penyakit bernama Insomnia alias susah tidur. Aku tipikal orang yang gak bisa belajar kalau udah ngantuk. Jadi semejak kelas XII motto tidurnya adalah "Cepat tidur, bangun pagi!" Tidur jam 9/10 dan bangun jam 3/4 pagi itu cukup banget. Dulu aku sempet rada bingung karena banyak orang yang bilang demi SBM mereka berani belajar sehari semalam, ngurangi waktu tidur, sampe belajar (materi SBM) 10 jam perhari. Itu terdengar sangat berat untuk aku. Tapi ada seseorang di ask.fm bernama Erlangga Grechinov yang bilang kalau otak itu punya batas lelahnya dan jangan terlalu nge-push karena takut tiba saatnya otak shut-down alias ngerasa lelah, pusing, gak mau belajar, maksa lupa semua yang udah kamu pelajari, dan itu bahaya untuk anak kelas XII yang ujiannya berjibun. So, bobo yang cukup ok.
3. Say NO to GALAU!

   Suatu hari di masa lalu, ada seseorang yang bilang ke aku kalau jadi kelas XII terus galau soal perasaan itu sangat-sangat gak enak. Ya bayangin aja udah sibuk mikirin UN, Ujian sekolah, dan teman-temannya, terus ditambah pikiran kacau tidak karuan karena mikirin perasaan doi yang gak pasti *duh :( Karena itu semejak kelas XII aku mensugesti diri aku untuk enggak jatuh cinta dulu. Ya kadang kan fall in love itu otta control sih, tapi setidaknya usahakan untuk tidak galau dan tidak penasaran alias kepo karena perasaan itu tuh yang suka bikin galau sehari semalem. Sugesti diri dan bilang 'Ini hati aku! Ini perasaan aku! Aku bisa kontrol karena ini punya aku!' dan itu cukup ampuh kalau dibarengi tidak galau dan tidak kepo. Lebih ampuh lagi kalau ditambah puasa sunnah karena puasa itu tujuannya adalah menahan nafsu. Sebaiknya jangan dulu punya seseorang yang seketika jadi moodbooster tapi seketika juga jadi moodbreaker. Ya gitu lah.

   Galau kelas XII juga biasanya adalah soal pilih jurusan. Untuk itu sih kamu bisa tanya diri kamu sendiri. Kalau aku dulu pokonya gak mau jurusan eksak titik! Jadi aku membuang pilihan FMIPA atau FPMIPA. Padahal ya orang tua yang notabene guru matek menyuruh aku untuk melanjutkan dan teteh aku yang notabene calon guru IPA menyuruh aku untuk masuk jurusan yang sama. Tapi setelah aku menjelaskan alesannya, mama dan teteh aku setuju aja asal jurusannya bukan seni murni (karena alesan tertentu). Jadi kalau kamu suka sama kimia ambil aja jurusan yang berhubungan kaya farmasi, kimia murni, dan lain-lain atau suka sama bahasa ya masuk aja sastra atau jurusan yang gak jauh dari itu. Jangan maksain diri kamu cuma karena gengsi. Misal kamu ngotot pingin jadi dokter padahal kamu gak suka biologi, nah itu sangat bahaya. Atau kemauan orang tua kamu sama kamu itu beda, kamu ngomong aja kenapa kamu gak setuju sama kemauan orang tua kamu. Orang tua kamu juga gak keras kepala juga kok, mereka cuma mau yang terbaik untuk kamu dan mau dengerin kamu dengan syarat cara penyampaian kamu gak kasar atau sambil marah-marah apalagi bentak. Dosa loh. Insya Allah mereka bakal ngerti. Ditambah sekarang kamu udah cukup dewasa untuk bicarain tentang biaya ngelanjutin sekolah sama orang tua kamu. Ini penting untuk dibicarain karena uang sekolah kita masih ditanggung orang tua. Kamu bisa cari jurusan yang menurut kamu bakal mampu orang tua kamu bayar tiap semesternya. Kamu juga bisa ikut sekolah kedinasan yang biayanya sedikit bahkan enggak dipungut biaya. Kalau dapet beasiswa ya Alhamdulillah. Tapi soal biaya hidup? Ini yang mahal. Kamu bisa incer kota-kota yang biaya hidupnya (katanya) murah kaya di daerah jawa. Orang tua aku sering mewanti alias mengingatkan kalau aku bukan anak orang kaya yang seenaknya bisa minta uang hanya untuk memenuhi 'gengsi'. Karena hidup itu sebenernya murah, gengsi yang mahal.

   Terus gimana kalau udah keburu galau? Obat terbaik ketika galau adalah dengan ibadah seperti solat Istikharah. Misalnya sekarang kamu punya 2 jurusan inceran dan galau mau utamain yang mana. Istikharah aja, Insya Allah Allah kasih yang terbaik karena Allah tidak pernah mengecewakan.

4. IKHTIAR, DOA, TAWAKAL!

  Ikhtiar alias usaha itu penting ketika kamu menginginkan sesuatu. Untuk belajar itu gak ada kata terlambat. Kalau kamu udah ketinggalan jauh di belakang temen-temen kamu yang dari dulu berlari, kamu tinggal naik shinkansen aja biar cepet nyusulnya. Pas awal kelas XII banyak orang yang menyarankan aku untuk pakai vidio belajar karena review mereka pada bagus. Jadi untuk kamu yang masih kekurangan sumber ilmu selain di sekolah dan tempat les, bisa coba lanjut pake vidio belajar online di rumah. Setelah belajar abis-abisan jangan lupa juga latihan soal juga ya karena itu penting untuk tau sampe mana kemampuan kamu setelah belajar.

   Doa itu penting dan kekuatan yang besar dari Allah untuk kita. Sampe sekarang aku pribadi masih ngerasa awkward gitu karena aku merasa ikhtiar aku belum seberapa tapi Allah baik banget langsung kasih segalanya untuk aku. Jadi jangan lupain doa ya. Guru aku pernah bilang kalau jangan lupakan duha dan tahajud kalau kita lagi ikhtiar. Intinya jangan lupa ibadah. Teteh aku juga bilang jangan sampe Allah menahan rezeki kita karena masih ada dosa ke orang lain. Kemarin pas mau ujian (UN, USBN, ujian lainnya) di grup kelas rame gitu maaf-maafan, terus pas mau SBM maaf-maafan, sebelum pengumuman juga maaf-maafan. Maaf itu kadang terlalu sulit kalau gak ada momennya (misal: lebaran) tapi daripada dosa numpuk sampe lebaran dan umur juga belum tau sampe kapan, mending secepatnya kita utarakan *sobijakbanget*

   Tawakal alias berserah diri pada Allah ini kadang dilupakan. Setelah ikhtiar dan doa kita tinggal tunggu aja apa yang Allah kasih ke kita. Kamu harus yakin kalau Allah bakal kasih yang terbaik dan yang terbaik itu belum tentu adalah hal yang kamu harapkan, ya kalau yang kamu harapkan sih Alhamdulillah. Allah pasti kasih yang sebaik-baiknya ko. Temen aku sampe bilang kalau doanya jangan maksa dan misalnya mau rada maksa nanti pas doa bilangnya kalau masuk ke perguruan tinggi yang diharapkan bakal bangun masjid atau bakal ngasih sumbangan 50 juta ke anak yatim. Pokonya doa itu minta aja yang terbaik dari Allah. Sebaik-baiknya doa adalah memasrahkan segala keputusan kepada Allah karena menyadari bahwa diri bukan apa-apa tanpa-Nya.

   Soal tawakal aku mau nambah sedikit nih. Di kelas XII ini kamu bakal merasakan patah hati (kecuali bagi yang beruntung dan sabar) mulai dari misalnya gak masuk 50% yang bisa ikut SNM, atau kamu gak keterima SNM, atau gak dapet SBM, atau segala patah hati lainnya. Aku gak bisa ngomong banyak si, soalnya ini rada-rada sensitif, tapi bagi aku yang gak berjodoh dengan SNM cara untuk tidak patah hati adalah dengan ikut berbahagia dengan kebahagiaan orang lain. Ini seriusan, ampuh banget. Mereka bahagia, kita syukurin aja, mungkin emang jalan terbaik kita bukan di sini. Kalau kamu bilang aku cuma 'omong kosong' berarti kamu bahagiannya gak ikhlas.

   Sebenernya mau dapet atau gak dapet jangan sampe terlalu bahagai dan jangan terlalu sedih. Aku rada sedih sih pas dapet kenyataan gak berjodoh dengan SNM tapi di hari yang sama Allah kasih aku lembar pendaftaran untuk ikutan ke salah satu perguruan tinggi yang ada 'pucuk'nya, itu penenang dan Alhamdulillah aku gak nangis hari itu yeay! Tapi sedihnya sih karena denger kekecewaan orang tua karena merasa aku kurang belajar (bener juga sih). Pas pengumuman SBM juga aku deg-degan tapi maksa diri untuk santai. Satu jam sebelum pengumuman aku udah ngantuk banget dan akhirnya tidur. Aku kebangun karena teteh aku yang lebih deg-degan dari aku teriak-teriak nyamperin aku. Di situ aku hampa, bingung, sedih enggak, seneng banget enggak, biasa aja dan cuma bilang Alhamdulillah. Perasaan setenang itu (ditambah linglung bangun tidur) enak banget loh kalau lagi dapet berita (menyenangkan) mendadak kaya pengumuman gitu. Kalau kamu mau tenang gitu usahakan banyak berdoa dan percaya kalau ALLAH bakal KASIH yang TERBAIK.

5. SALAWATIN!
"Allahumma shalli 'alaa sayyidinaa Muhammad wa 'alaa aali sayyidinaa Muhammad"
   Ust. Yusuf Mansur sama Wirda Mansur sering banget kasih dakwah tentang kekuatan salawat. Nah jadi aku nurutin. Aku mulai pake background gedung ISOLA di laptop dari gatau sejak kapan dan kalau inget ya solawatin. Background hp juga dari kelas X udah lambang UPI <3 Temen aku saking galaunya lambang IPB sama ITB di pampangin berdampingan, ada yang pake gelang UI mulu. pasang stiker, pasang background univ harapan masing-masing di hp dan laptop. Kalau lagi rajeun ya pada numpang ngeprin logo univ harapan di ruang BK. Di sosmed juga banyak cerita tentang mereka yang dateng ke univ harapan dan nyolawatin sambil ngusap bangunan yang ada di univ tersebut terus akhirnya beneran sekolah disana. Karena itu dulu pas desember aku pernah rada ngotot pas lagi di masjid Daarut Tauhid kalau ketika aku balik lagi kesini aku bakal udah jadi mahasiswa UPI. Dan sampe sekarang aku belum ke DT lagi karena belum sempet. Terus pas aku mau pulang saat itu dari Bandung ke Kuningan, travel yang aku naikin masuk dulu ke wilayah UPI karena mau jemput penumpang lain, di situ (wilayah UPI) aku ngotot berdoa tambah solawatan biar ketika aku balik lagi ke sini status aku udah jadi mahasiswa dan Alhamdulillah itu terjadi. Aku gak ngejalanin yang kata Wirda sih, 1000x dalam satu hari. Iman aku belum sekuat itu. 100x aja udah lupa kesananya mah :( Semoga kamu yang baca bisa kuat dan Istiqamah ya!



   Nah segitu aja dulu lah cerita dan saran untuk kamu yang masih SMA. Semangat dan nikmatin ya sekolahnya karena suatu hari kamu bakal rindu ini. Waktu itu gak bakal pernah terulang. Jadi buatlah sejarah yang bisa dikenang.

Aku buat artikel ini mau berbagi cerita  dan semoga kalian bisa ambil yang baiknya.
Btw aku baru sadar ini salah satu artikel terpanjang di blog ini. Kalau kepanjangan baca aja yang lain
Selamat berjuang. Wasalamu'alaikum! 

Comments

Unknown said…
Jangan lupa bapa km ya
jangan lupa arrizky galih ya

Popular posts from this blog

Tomodachi! Bersahabat di Dunia, bertetangga di Surga...

BAPER ?

High School Project: Rewind