Gimana sih cara berteman yang baik dengan lawan jenis ?

Assalamu'alaikum ! Aku rada-rada bingung bikin judulnya soalnya ada yang hampir ambigu menyudutkan lawan jenis sebagai mahluk lain ^^ Islam itu adalah agama yang sangat sempurna. Segala aturan dalam kehidupan itu telah diatur sebaik-baiknya dalam Al-Qur'an dan hadits seperti arti dari kata 'agama' itu sendiri yang artinya ajaran, sistem yang mengatur tata keimanan (kepercayaan) dan peribadatan kepada Tuhan Yang Mahakuasa serta tata kaidah yang berhubungan dengan pergaulan manusia dan manusia serta lingkungannya, termasuk soal bagaimana cara berteman.

   Perempuan dan laki-laki itu diciptakan di satu bumi, bisa tidak bisa untuk memisahkan mereka. Karena ada saat atau waktu-waktu tertentu mereka ada di satu tempat yang sama, contohnya ya menikah, berkeluarga, bekerja, dan yang banyak sih karena satu sekolah. Aku sangat tau gimana rasanya sekolah campur karena emang dari kecil sekolahnya negeri yang notabene perempuan dan laki-laki ada di satu tempat. Tapi apa karena mereka ada di satu tempat yang sama, jadi mereka bebas aja ngelakuin segala hal sesuka hati ? Gak lah. Nah hal ini juga udah diatur loh sama Allah. Yuk pahami adab bergaul yang disyariatkan agama !


1. Menundukan Pandangan Terhadap Lawan Jenis


Hasil gambar untuk menundukan pandangan

   Walahhhhh susah nihhh :( Iya emang, susah banget. Tapi bukan berarti gak mungkin. Kenapa sih gak boleh pandang-pandangan ? 

"Pandangan adalah panah beracun dari panah-panah iblis. Barangsiapa memalingkan pandangannya dari kecantikan seorang wanita, ikhlas karena Allah, maka Allah akan memberikan di hatinya kenikmatan sampai Hari Kiamat," (HR. Ahmad)
   Cinta itu asal mulanya dari mata. Nafsu itu awalnya dari mata. Syahwat itu datangnya dari mata. Karena dari matamu...matamu...ku langsung, jatuh cinta ~ Karena itu menjaga pandangan adalah salah satu cara menjaga hati dari hal-hal yang tidak baik atau belum pantas kita rasakan sebelum waktunya. Murabbiyah aku juga pernah bilang kalau menjaga pandangan alias ghadul bashar ini adalah jihad, karena perang paling sulit adalah memerangi hawa nafsu dalam diri kita sendiri. Aku juga masih belajar ko dalam menjaga pandangan dengan cara kalau lagi bicara sama lawan jenis liatin mulutnya/jidatnya/idungnya, dari sudut pandang dia kan mata kita tetep ngarah ke mukanya.

Hasil gambar untuk menundukan pandangan

2. Tidak berdua-duaan
Rasulullah bersabda, "Janganlah seorang laki-laki berdua-duaan (khalwat) dengan wanita kecuali bersama mahramnya," (HR. Bukhari & Muslim)
   Berkhalwat itu sendiri artinya adalah berdua-duaan antara laki-laki dan perempuan yang bukan mahram di tempat sunyi atau tersembunyi. Berdua-duaan alias berkhalwat dengan lawan jenis biasanya didasari dengan alasan yang gak jelas. Sejelas-jelasnya alasan mereka juga untuk apa berdua-duaan dengan lawan jenis? Mojok lagi, diem-diam lagi, gelap-gelapan lagi, gak mau diganggu lagi *whops
"Barang siapa beriman kepada Allah dan Hari Akhir, maka janganlah ia berkhalwat dengan seorang wanita tanpa ada mahram wanita tersebut karena setan menjadi yang ketiga di antara mereka berdua." (HR Ahmad)
   Gak akan ada api kalau gak ada sumbernya. Yang tadinya gak ada niatan apa-apa dengan segala godaan dari yang 'ketiga' malah terjadilah kecelakaan yang menyebabkan positif, positif bahwa sel ovum dan sel spermanya bertemu dan terbentuklah janin. Ya kalau udah mahram kan halal jadi gak papa, kalau belum gimana ?

3. Tidak menyentuh lawan jenis
Dari Aisyah radhiallahu’anha (istri Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam), beliau menceritakan tentang baiat kaum wanita (mukminah) kepada Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam, beliau berkata: Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam sama sekali tidak pernah menyentuh seorang wanitapun dengan tangan beliau, tapi beliau mengambil baiat wanita (dengan ucapan saja dan tanpa berjabat tangan), setelah membaiat wanita, beliau Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda kepadanya: “Pergilah, sungguh aku telah membaiatmuHSR Muslim (3/1489, no. 1866), bab: Bagaimana (Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam) membaiat wanita.
Kenapa sih gak boleh sentuhan? Jawabannya karena sentuhan itu merangsang! Kalau ada yang mukul kamu pasti reflek mukul balik atau ngehindar kan? Nah itu yang dimaksudkan sentuhan itu merangsang. Karena kalau mukul dipastikan nyentuh :D
Gak jarang loh orang-orang di sekitar aku utamanya laki-laki gak tau kenapa suka ngusap atau cuma nyolek kepala perempuan. Gak ke pacarnya atau cuma sebatas temen. Apa maksudnya juga aku gak ngerti. Tapi laki-laki kadang terlalu 'ringan tangan' untuk nyentuh perempuan. Tidak terkecuali perempuannya juga nih. Gak jarang juga ada yang 'ringan tangan' ke laki-laki walau seringnya aku liat perempuan mah mukul.
Rasulullah saw bersabda, "Seandainya kepala seseorang ditusuk dengan jarum besi, (itu) masih lebih baik daripada menyentuh wanita yang tidak halal baginya," (HR.Thabrani)
   Aku punya cerita yang kata aku sih lucu dan bermakna. Suatu hari di suatu tempat entah berantah aku lagi ngobrol sama temen aku, dia perempuan. Terus salah satu temen laki-laki aku dateng ngedeket dan tiba-tiba ngegangguin dan nyolek tangan temen aku, tadinya aku mau dicolek juga tapi dia langsung bilang "Oh iya, Annisa mah mau disentuhnya sama jodoh aja ya." seketika temen perempuan aku yang barusan dicolek ngomong "Ih jadi aku ?" maksudnya temen perempuan aku itu dia baru ngeh kenapa mau dipegang (walau dicolek, tapikan tetep sentuhan), Alhamdulillah dia mulai ngerti kenapa aku suka marah-marah kalau kesenggol dikit sama cowok atau ngasih tatapan super sinis kalau gak sengaja bersentuhan. Yaa salah satunya karena hal itu. Aku untuk jodoh aku nanti *azeekkk
    Semoga kalian para perempuan bisa jadi perempuan yang limited edition, jadi gak gampang diapa-apain sama laki-laki yang berpenyakit hatinya *walahhh* Karena kelemahan seorang perempuan adalah terkadang ia lupa betapa berharga dirinya. Juga pilihan perempuan itu cuma ada dua dalam bersikap menjadi sebaik-baiknya perhiasan dunia atau menjadi seburuk-buruknya fitnah, naudzubillah :(
   Sekarang kita jaga diri kita yuk untuk Allah. Jaga diri kita untuk jodoh kita di masa depan. Karena kadang jodoh adalah penyemangat diri untuk mulai memantaskan diri :D Kalau gak mau jodoh kita nanti jelalatan sama yang lain, maka sekarang jangan juga jelalatan. Kalau gak mau jodoh kita senaknya nyentuh orang lain yang bukan mahram, maka sekarang kita juga jangan. Semua orang juga pasti pingin ko jadi satu-satunya yang dipandang sama jodohnya nanti. 
   Aku bukan manusia sempurna yang udah ngejalanin syariat sesempurna yang Allah perintahkan, tapi sulit bukan berarti tidak bisa. Hijrah bareng-bareng yuk! Kita bisa karena Allah ada bersama kita. Stay Istiqomah until Husnul Khotimah and Until Jannah. Allah lebih suka hambanya masuk surga bersama-sama loh bukan masing-masing, jadi yuk sekarang kita berubah untuk jadi yang lebih baik bareng-bareng karena Allah ;)


wallahu a'lam bishawab

Pengingat untuk aku, lalu kamu.
Wasalamu'alaikum !


Sumber :

kbbi.web.id 
muslim.or.id
Buku Tusiyah Cinta (@tausiyahku)

Comments

Popular posts from this blog

Tomodachi! Bersahabat di Dunia, bertetangga di Surga...

BAPER ?

High School Project: Rewind