When in doubt ...

Assalamu'alaikum ! Hari ini masih hujan kaya hari biasanya (karena emang musim hujan), suasana kaya gini tuh bikin perasaan kangen sama masa lalu. Masa pas masih suka hujan-hujanan :) Hujan itu penuh makna, kenangan, dan kadang bikin galau :D Terus gimana, cara ngilangin galau gini ?

1. Solat Istikharah
   Mungkin ini cara terbaik untuk kita yang lagi bingung-bingungnya tentang sesuatu hal yang penting dan menyangkut kehidupan kita. Karena shalat ini dilakukan memang untuk mendapatkan jawaban terbaik dari Allah swt.

istikharah

Aku belum pernah ngelakuin solat ini. Jadi aku kutip kata-kata Kang Muhammad Satria Gema Andika :
Wa'alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh, ada .. istikharah namanya, untuk memohon petunjuk yg terbaik, keraguan, atau ketika kita akan mengerjakan suatu urusan agar dimudahkan :)
.
Dari Jabir bin ‘Abdillah, beliau berkata (yang artinya) : "Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa mengajari para sahabatnya shalat istikharah dalam setiap urusan. Beliau mengajari shalat ini sebagaimana beliau mengajari surat dari Al Qur’an. Kemudian beliau bersabda, "Jika salah seorang di antara kalian bertekad untuk melakukan suatu urusan, maka kerjakanlah shalat dua raka’at selain shalat fardhu, lalu hendaklah ia berdo’a:
"Allahumma inni astakhiruka bi ‘ilmika, wa astaqdiruka bi qudratika, wa as-aluka min fadhlika, fa innaka taqdiru wa laa aqdiru, wa ta’lamu wa laa a’lamu, wa anta ‘allaamul ghuyub. Allahumma fa-in kunta ta’lamu hadzal amro (sebut nama urusan tersebut) khoiron lii fii ‘aajili amrii wa aajilih (aw fii diinii wa ma’aasyi wa ‘aqibati amrii) faqdur lii, wa yassirhu lii, tsumma baarik lii fiihi. Allahumma in kunta ta’lamu annahu syarrun lii fii diini wa ma’aasyi wa ‘aqibati amrii (fii ‘aajili amri wa aajilih) fash-rifnii ‘anhu, waqdur liil khoiro haitsu kaana tsumma rodh-dhinii bih"
Ya Allah, sesungguhnya aku beristikhoroh pada-Mu dengan ilmu-Mu, aku memohon kepada-Mu kekuatan dengan kekuatan-Mu, aku meminta kepada-Mu dengan kemuliaan-Mu. Sesungguhnya Engkau yang menakdirkan dan aku tidaklah mampu melakukannya. Engkau yang Maha Tahu, sedangkan aku tidak. Engkaulah yang mengetahui perkara yang ghoib. Ya Allah, jika Engkau mengetahui bahwa perkara ini (sebut urusan tersebut) baik bagiku dalam urusanku di dunia dan di akhirat, (atau baik bagi agama, penghidupan, dan akhir urusanku), maka takdirkanlah hal tersebut untukku, mudahkanlah untukku dan berkahilah ia untukku. Ya Allah, jika Engkau mengetahui bahwa perkara tersebut jelek bagi agama, penghidupan, dan akhir urusanku (baik bagiku dalam urusanku di dunia dan akhirat), maka palingkanlah ia dariku, takdirkanlah yang terbaik bagiku di mana pun itu sehingga aku pun ridho dengannya." (HR. Bukhari no.7390).
.
Do'a istikharah boleh dibaca di setiap shalat sunnah (bukan fardhu), seperti shalat tahiyatul masjid, setelah shalat rawatib, setelah shalat tahajud, setelah shalat Dhuha dan shalat sunnah lainnya. Bahkan jika shalat istikharah dilakukan dengan niat shalat sunnah rawatib atau shalat sunnah lainnya, lalu berdoa istikharah setelah itu, itu juga dibolehkan.
.
Do’a shalat istikharah yg paling tepat dibaca setelah shalat dan bukan di dalam shalat. Alasannya adalah sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam diatas, "Jika salah seorang di antara kalian bertekad untuk melakukan suatu urusan, maka kerjakanlah shalat dua raka’at selain shalat fardhu, lalu hendaklah ia berdo’a: "Allahumma inni astakhiruka bi ‘ilmika …"
.
Boleh dilakukan berkali2 setiap selesai shalat sunnah, sampai kita mendapatkan keyakinan.
.
Wallahu a'lam bisshawab ..

2. Solat Tahajud


"Jika kamu benar-benar menginginkan sesuatu di dalam hidupmu, mintalah kepada Allah, Rayu Dia melalui 40 malam yang diisi dengan shalat tahajjud tanpa terputus.
Maka Allah akan menjawab setelahnya. Hanya 2, keinginanmu dikabulkan atau hatimu akan terisi dengan keikhlasan untuk melepaskan. Insya Allah." - aldilladharma

Jangan lupa sebelum shalat tahajjud ya harus tidur dulu karena keharusannya. Karena itu banyak tautan yang menyatakan bahwa sedikit tidur itu lebih baik. Tapi BUKAN BEGADANG ! Yang baik itu tidur cepat sekitar jam 8-10 malam dan bangun di sepertiga malam sekitar jam 1- waktu subuh. Nanti shalat deh, kan enak dapet pahala. Aku sekarang masih belajar bangun sebelum adzan subuh, susah kecuali dibangunin :'D

Banyaknya solat malam. Karena ini emang sulit banget untuk dilaksanain tapi doa-doa diwaktu ini termasuk mustajab loh !

Diriwayatkan oleh Abu Hurairah bahwa Nabi SAW bersabda: "Allah turun ke langit dunia setiap malam pada 1/3 malam terakhir. Allah lalu berfirman, Siapa yang berdoa kepada-Ku niscaya Aku kabulkan! Siapa yang meminta kepada-Ku niscaya Aku beri! Siapa yang meminta ampun kepadakepada- Ku tentu Aku ampuni. Demikianlah keadaannya hingga terbit fajar" (HR. Bukhari no. 145 dan Muslim no.758)

Rasulullah SAW Bersabda: “Sesungguhnya di malam hari, ada satu saat yang ketika seorang muslim meminta kebaikan dunia dan akhirat, pasti Allah memberinya, Itu berlangsung setiap malam.” (HR. Muslim)

Sabda lainnya: "Di waktu malam terdapat satu saat dimana Allah akan mengabulkan doa setiap malam.” (HR. Muslim No. 757)

3. Bertawakal

   Bertawakal alias berserah diri pada kehendak Allah swt dengan syarat telah bekerja keras sebelumnya itu penting. Kita gak pernah tau mana yang terbaik untuk hidup kita. Bisa jadi yang kita sukai belum tentu menjadi yang terbaik, kaya Q.S Al-Baqarah ayat 216

“Diwajibkan atas kamu berperang, padahal itu tidak menyenangkan bagimu. Tetapi boleh jadi kamu tidak menyenangi sesuatu, padahal itu baik bagimu, dan boleh jadi kamu menyukai sesuatu, padahal itu tidak baik bagimu. Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui” (Al Baqarah: 216)


4. Puasa



   Manfaat berpuasa ini banyak banget loh ! Mulai dari meredam nafsu, belajar bersabar, manfaat kesehatannya banyak, dan keuntungannya adalah doa orang yang bebuka puasa itu mustajab ! Ayo mulai belajar puasa Sunnah, bisa Puasa Senin-Kamis atau Puasa Daud atau Puasa 3 hari di pertengahan bulan, atau beberapa Puasa Sunnah lainnya.


“Tiga orang yang doanya tidak ditolak: orang yang puasa saat berbuka, pemimpin yang adil, dan doa orang yang mazlum (teraniaya).” (HR. Tirmidzi)


5. Doa




   Berdoa, berdzikir, bersolawat terus menerus. Doa yang dipanjatkan oleh orang lain tanpa terdengar oleh orang yang didoakan itu katanya nanti akan diaminkan oleh para malaikat loh !

Jangan lupa sebelumnya untuk  mendoakan diri sendiri :
 Jika dia mendoakan orang lain maka hendaknya dia mulai dengan mendoakan dirinya sendiri.
Dari Ubay bin Ka’ab -radhiallahu anhu- dia berkata, “Jika Rasulullah -shallallahu alaihi wasallam- menyebut seseorang lalu mendoakannya, maka beliau mulai dengan mendoakan diri beliau sendiri.” (HR. At-Tirmizi: 5/463) Hanya saja juga telah shahih riwayat bahwa beliau -shallallahu alaihi wasallam- tidak memulai dengan diri beliau sendiri, seperti pada doa beliau untuk Anas, Ibnu Abbas, dan ibunya Abu Hurairah -radhiallahu anhum-. (Lihat Syarh An-Nawawi terhadap Shahih Muslim: 15/144, Fath Al-Bari: 1/218, dan Tuhfah Al-Ahwadzi Syarh Sunan At-Tirmizi: 9/328)


Mendoakan sesama muslim tanpa sepengatahuan orangnya termasuk dari sunnah hasanah yang telah diamalkan turun-temurun oleh para Nabi -alaihimushshalatu wassalam- dan juga orang-orang saleh yang mengikuti mereka. Mereka senang kalau kaum muslimin mendapatkan kebaikan, sehingga merekapun mendoakan saudaranya di dalam doa mereka tatkala mereka mendoakan diri mereka sendiri. Dan ini di antara sebab terbesar tersebarnya kasih sayang dan kecintaan di antara kaum muslimin, serta menunjukkan kesempuraan iman mereka. Nabi -alaihishshalatu wassalam- bersabda, “Tidak beriman salah seorang di antara kalian sampai dia mencintai untuk saudaranya apa yang dia cintai untuk dirinya sendiri.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim dari Anas bin Malik)

Jangan lupa minta selalu doa dari orang tua yaaa :
“Doa orangtua itu dapat menembus hijab (pembatas antara makhluk dan Allah).” (HR. Ibnu Majah)

Allah Ta’ala berfirman, “Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah: “Wahai Tuhanku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil.” (QS. Al-Isra`: 24)

Menyakitkan ? Tapi tulus...

5. Solawat


   Bersolawat nabi itu juga bisa bikin doa Insya Allah cepat terkabul loh ! Wirda Mansur pernah cerita dia solawat 1000x per hari untuk dapetin Macbook Air selama 1 atau 2 minggu gitu, lupa akunya. Terus setiap dia ke I-Box dia selalu ngusapin Macbook yang dia pingin sambil solawatan. Dan ternyata di hari target terakhirnya itu dia dapet Macbook Air, bukan dibeiliin orang tuanya ! Justru malah ada yang ngasih ke dia secara gratis. Ust. Yusuf Mansur kalau ceramah sering ngomongin Wirda. Siapa sih yang gak bangga punya anak perempuan cantik ditambah Hafizah, jadi banyak yang kenal Wirda (Doakan aku segera, Aamiin) Tapi sekarang Wirda bilang bahwa niatannya dalam kejadian ini sebenernya salah, karena dia ngerasa kalau doanya ini ngotot. Jadi sebaiknya kita solawatan itu dengan rasa ikhlas untuk menerima ketentuan dari-Nya yaaaa...

Solawat yang suka disenandungkan Wirda :
  • Laa ilaaha illallah subhanallah rabbissamaawati sab'i warabbil 'arsyil 'adzim = minimal 100x
  • Laa ilaaha illallahul'aaliyyul 'adziim laa ilaaha illallahul hakiimul kariim = minimal 100x
  • Astagfirullah al'adziim = minimal 100x
  • Shollu 'aala Muhammad / Allahumma shalli 'alaa sayyidinaa Muhammad wa 'alaa aali sayyidinaa Muhammad = minimal 4000x
Pesan dari Wirda, katanya kalau udah biasa kaya bernafas aja ko, gak berat :)

Semoga Bermanfaat dan bisa bikin yang baca lebih tenang. wallahu a'lam bishawab...
Pengingat untuk aku, lalu kamu.
Wasalamu'alaikum ^^

Sumber :
ask.fm
cakbas88.wordpress.com
http://al-atsariyyah.com/

Comments

Popular posts from this blog

Tomodachi! Bersahabat di Dunia, bertetangga di Surga...

BAPER ?

High School Project: Rewind